Home > Oracle, Ubuntu > Membuat database baru pada Oracle 10g

Membuat database baru pada Oracle 10g

Setelah kita selesai melakukan instalasi Oracle maka tahap selanjutnya adalah membuat database. Saya menggunakan Oracle 10g pada sistem operasi Ubuntu 10.10.Untuk membuat database kita menggunakan bantuan Database Configuration Assistant (dbca). Dari terminal kita ketikan

bluething@bluething-laptop:~$ dbca

Jendela Database Configuration Assistant akan terbuka seperti gambar di bawah ini

Jendela awal dbca Klik next untuk melanjutkan ke jendela berikutnya. Pilih Create Database. Pada jendela berikutnya pilih template database yang diinginkan. Untuk saat ini pilih saja General Purpose.

Create Database Pilih templateDatabase IdentificationLangkah berikutnya adalah mengisikan Database Identification. Global Database Name kita isikan dengan “orcl.com” sedangkan SID akan terisi otomatis mengikuti isi Global Database Name. Perlu diperhatikan kita memberikan isian ke dalam Global Database name ini sama dengan nilai ORACLE_SID ditambah nama domain (saya memakai .com) (optional).

Setting passwordMasukan Password untuk admin. Supaya mudah saya memilih Use the same Password for All Accounts. Sehingga password yang kita berikan berlaku untuk account SYS, SYSTEM, SYSMAN, DBSNMP.

Tentuin Storage MechanismKemudian kita tentukan mekanisme penyimpanan data yang diinginkan. Di sini saya menngunakan File System. Untuk keterangan lebih lengkap mengenai perbedaan ketiga mekanisme penyimpanan ini akan saya bahas di tutorial selanjutnya.

Pilih Sample SchemePada jendela di atas pilihlah Sample Scheme supaya database yang terbentuk sudah terisi data.

Selanjutnya proses pembuatan database berjalan secara otomatis.

Setelah selesai maka akan tampil jendela seperti di bawah ini. Klik tombol Password Management (penting). Ini digunakan untuk menunlock user sehingga dapat menggunakan database yang baru kita buat. Saya di sini menunlock user “hr”, hilangkan centang pada kolom “Lock Account?” lalu isikan passwordnya. Setelah selesai klik OK dan database tersebut siap dipakai.

Finish

Proses pembuatan database selesai dilakukan.

Untuk mencobanya kita ketikan perintah di terminal

´╗┐bluething@bluething-laptop:~$ sqlplus

Lalu masukan user name dan password yang sudah kita buat di atas tadi.

Oracle Not AvailableLoch qo terdapat error saat kita login, bukannya tadi sudah diunlock user namenya dan diberikan password. Hmm…jika kita liat pesan error yang ditampilkan tampaknya database Oracle kita belum berjalan. Untuk meyakinkan diri kita coba dengan login sebagai dba. Masukan username “sys as sysdba” dan passwordnya adalah password pada saat kita membuat database (saat di windows Database Credential)

Idle InstanceDi sini terlihat bahawa Oracle terkoneksi dalam kondisi idle. Lalu apa yang harus kita lakukan?

Hmm cukup dengan 1 perintah, ketikan ketikan saat kita logon sebagai “sys as sysdba”

SQL> startup

startupUntuk menambah keyakinan kalau database kita sudah dapat dipakai silahkan exit dari mode “sys as sysdba” lalu login dengan user “hr”

selesai

Add to FacebookAdd to DiggAdd to Del.icio.usAdd to StumbleuponAdd to RedditAdd to BlinklistAdd to TwitterAdd to TechnoratiAdd to Yahoo BuzzAdd to Newsvine

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: