Home > JAVA, OpenSuse > Install Java 7 di OpenSuse 12.1

Install Java 7 di OpenSuse 12.1

Suatu saat tiba-tiba terlintas dipikiran saya untuk mengganti distro linux yang saya gunakan. Alasannya sih sederhana, saya bosanšŸ˜€. Mulai lah saya mencari distro yang kira-kira cocok saya gunakan. Akhirnya saya memilih Open Suse, saya pilih yang paling baru saja yaitu versi 12.1. Setelah mendownload dari situs reminya (pake koneksi kantor :D), saya pun langsung menginstallnya di laptop. Software yang pertama kali saya ingin install tentu saja JDK, karena saat ini saya berprofesi sebagai software engineer menggunakan bahasa pemrograman java. Saya cek terlebih dahulu di terminal apakah Open Suse sudah mengikut sertakan JDK saat instalasi.

Setelah dicek ternyata sudah terinstall jdk versi 1.6. Hmm, saya kan maunya jdk 1.7. Ok berarti saya harus menginstallnya sendiri. Dulu saat menggunakan Ubuntu, saya sudah pernah melakukan instalasi jdk, jadi sekarang kan tinggal ikutin ajah langkah-langkah yang dulu saya gunakan. Setelah sedikit melakukan browsing, ternyata cara menginstal JDK pada Open Suse ini berbeda saat saya melakukannya di Ubuntu.

Berikut ini langkah-langkah yang saya gunakan:

  1. Download JDK, saya menggunakan JDK 7 update 1 dari sini. Pilih yang rpm.
  2. Jalankan file tersebut dengan perintah
    <code>sudo zypper in jdk-7u1-linux-i586.rpm -y</code>

  3. Setelah selesai install, kita set alternatives sehingga bisa switch antara jdk 7 dan jdk 6, perintahnya
    <code>sudo /usr/sbin/update-alternatives --install "/usr/bin/java" "java" "/usr/java/jdk1.7.0_01/bin/java" 40 </code>
  4. Lakukan juga untuk plugin browser, perintahnya
    <code>sudo /usr/sbin/update-alternatives --install "/usr/lib/browser-plugins/javaplugin.so" "javaplugin" "/usr/java/jdk1.7.0_01/jre/lib/i386/libnpjp2.so" 40</code>

  5. Konfigurasi alternatives dengan perintah
    <code></code>sudo /usr/sbin/update-alternatives <code><code> --config</code></code>java</code>

    dan

    <code></code><code>sudo /usr/sbin/update-alternatives --config javaplugin</code></code>

    , pilih angka 1.

  6. Tes apakah jdk 7 sudah terinstall dengan mengetikan di terminal
    <code></code>java -version</code>

    dan about:plugins di browser.


Leave a Reply

