Home > Umum > 21 April 2012

21 April 2012

Sabtu, 21 April 2012. Sudah 3 hari saya tidak menulis, bukannya tidak ada yang mau saya tulis, tapi saya malas sekali untuk menulis curahan hati ini. Akhir-akhir ini saya merasa kehilangan energi kehidupan, semua hal yang saya lakukan tidak ada yang efektif, banyak waktu yang terbuang. Saya sendiri tidak mengerti mengapa ini bisa terjadi, apakah karena pikiran saya yang terlalu jenuh atau saya sudah bosan dengan kehidupan saya sekarang.

Di kantor saya, tidak ada semangat untuk ngoding. Lebih banyak waktu untuk berinternet ria dan berbincang dengan teman. Sepertinya otak ini tidak bisa diajak untuk menuliskan baris-baris program. Padahal load kerjaan saya cukup tinggi, deadlinenya pun cukup singkat. Saat saya paksa untuk ngoding, hanya sedikit sekali hasil yang saya dapatkan, jauh dari biasanya. Saya berpikir mungkin ini karena kejenuhan pikiran saya, tapi bagaimana menghilangkannya, kerjaan saya sehari-hari ya ini.

Soal kuliah tidak jauh berbeda hancurnya. Boleh dikatakan saya gagal dalam kuliah matrikulasi kemarin. Perkiraan saya sih seperti itu, mudah-mudahan tidak menjadi kenyataan. Jika gagal, kemungkinan theiss saya akan bermasalah. Banyak kuliah yang saya bolos, dan beberapa kali bolos ternyata ada tugas individu yang harus dikerjakan hari itu juga atau dikumpul hari itu. Lengkap sudah penderitaan saya, absen acak kadut, tugas bolong-bolong. Mau jadi apa saya nantinya. Sekarang saya hanya bias pasrah, semoga kuliah matrikulasi kemarin saya lulus dan tidak memberatkan saya saat penyusunan thesis nanti. Amminn.

Keadaan ini sangat merugikan saya, banyak sekali waktu terbuang percuma. Sejak kejadian itu, saya masih belum bisa melangkah. Tujuan hidup saya yang waktu itu sudah jelas disusun beserta strategi mencapainya sekarang hilang. Sepertinya inilah awal kejatuhan saya sampai sekarang. Pengendalian emosi yang sangat buruk membuat keadaan saya menjadi sangat kacau. Saya berjalanan tanpa tujuan yang jelas, apa yang mau saya dapatkan hari itu, apa yang mau saya lakukan hari itu, bagaimana saya melakukannya. Sekumpulan pertanyaan yang dulu mudah saya jawab setiap ingin beraktifitas.

Hari ini sebenarnya kantor mengadakan acara gathering di puncak, acara santai dengan suasana pegunungan. Teman-teman yang mengetahui kondisi saya menyarankan saya untuk ikut. Tapi saya memilih untuk tidak mengikuti acara tersebut, saya lebih memilih untuk maen saja ke kampus, berharap dapat penyegaran, atau berdiam diri di rumah, mencoba menyusun kembali tujuan hidup saya yang sudah hilang.

Sekitar jam 11:15 saya sampai di kampus, sebenarnya ada dua tujuan saya datang ke sini. Pertama saya ingin berkunjung ke lab setelah hampir dua tahun lebih saya tinggalkan, kedua saya ingin bertemu teman-teman lama. Tujuan kedua ini sebenarnya tujuan primer saya, tapi karena respon teman-teman tidak ada akhirnya dibatalkan. Tadinya saya pikir sayang juga datang jauh-jauh hanya lihat lab, mending di rumah. Tapi saya abaikan itu, hitung-hitung buang waktu saya tetap jalan ke kampus. Sesampainya di lab ternyata sudah ada beberapa junior saya yang sedang beres-beres. Ternyata komputer lab saya akan diganti dengan yang baru, suatu hal yang saya harapkan dulu terjadi. Singkat saja kunjungan saya ke kampus, tidak sampai satu jam. Tapi saya merasakan sesuatu yang berbeda, saya mendapatkan suasana baru dan saya nyaman dengan hal itu. Apakah solusi dari semua masalah yang saya alami ini adalah mencari suasana baru? Lalu suasana seperti apa yang harus saya masuki? Apakah saya harus resign dari tempat kerja sekarang? Apakah saya juga harus berhenti dari kuliah S2?

Dulu saya mengalami situasi yang mirip dengan sekarang, jenuh dengan kehidupan, berjalan tanpa arah. Akhirnya dulu saya putuskan untuk mereset kehidupan saya menjadi nol. Saya putuskan keluar dari UI saat masih semester 5. Suatu keputusan yang saat itu ditentang semua anggota keluarga saya, bahkan saya sempat dijauhi beberapa waktu. Selanjutnya saya meniti masa depan dengan masuk ke Gunadarma, segunung rencana saya siapkan untuk 4 tahun. Alhamdulilah semuanya berjalan lancar, walaupun beberapa rencanya saya tidak terwujud. Haruskah saya melakukan itu  lagi? Sedangkan yang saya dapatkan saat ini adalah hasil mereset kehidupan saya yang dulu. Akibat yang ditimbulkan jika saya mereset kehidupan saya sekarang jelas tidak sekecil dulu. Yang paling mungkin saya lakukan adalah resign dari tempat kerja sekarang. Tapi kalau itu saya lakukan bagaimana biaya kuliah S2 saya, tabungan yang sedang saya kumpulkan masih belum cukup untuk membiayai kuliah S2 hingga lulus nanti. Saya bingung.

Oia, ada satu kejadian yang saya takutkan terjadi hari ini. Setelah sampai di rumah, biasanya ibu saya menanyakan kegiatan yang saya lakukan di luar. Saya katakan bahwa tadi saya main ke lab ketemu saya teman-teman. Tapi tidak disangka ibu saya berkata seperti ini “Sama si Sh****?”. Jrengggg seperti disambar petir saya mendengarnya. Sebenarnya sampai sekarang saya tidak mengetahui pandangan ibu saya tentang dia, saya juga tidak menanyakannya karena saya anggap itu tidak terlalu penting. Tapi boleh dibilang ibu saya cukup welcome dengan dia, memang sih saya jarang sekali membawa teman wanita main ke rumah, sekalinya bawa langsung diwanti-wanti, tapi kali ini tidak. Saya juga cukup kaget ternyata saya diijinkan membawa dia ke dalam kamar untuk mengerjakan skripsinya, suatu hal yang dulu sangat tidak boleh dilakukan. Jangankan membaca teman wanita, teman laki-laki juga tidak boleh dibawa ke dalam kamar. Semoga saja ibu saya tidak memiliki harapan lebih tentang hubungan saya dengan Sh****. Sampai saat ini, ibu saya tidak mengetahui kalau kehidupan anaknya yang paling ganteng ini sedang mengalami kejatuhan karena patah hati. Saya cukup sukses menyimpan ini dari pandangan beliau. Saya tidak ingin ibu saya ikut merasakan kesedihan yang amat dalam saya rasakan hingga saat ini.

Categories: Umum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

