Home > Fedora > Install Adobe Reader di Fedora 16

Install Adobe Reader di Fedora 16

Belum lengkap rasanya kalau saya belum menginstal pdf reader. Tanpa itu saya tidak bisa membaca koleksi ebook yang saya miliki. Pilihan saya jatuh pada Adobe Reader, sebelumnya saya ingin install Foxit Reader. Kali ini saya memilih instal melalui terminal. Perlu diperhatikan bahwa ukuran file cukup besar, jadi jika koneksi internet tidak terlalu bagus lebih baik kita download saja file rpmnya di sini lalu jalankan (double klik).

Buka terminal, masuk sebagai root. Jalankan perintah berikut untuk mengupdate repository:

rpm -ivh http://linuxdownload.adobe.com/adobe-release/adobe-release-i386-1.0-1.noarch.rpm
rpm --import /etc/pki/rpm-gpg/RPM-GPG-KEY-adobe-linux

Kemudian install

yum install nspluginwrapper.i686 AdobeReader_enu

Prosesnya cukup lama, tergantung koneksi internet kita.

Setelah selesai kita bisa jalankan melalui menu atau melalui perintah

acroread

Jika pada saat dijalankan menemui error (saya sih tidak) “SELinux is preventing /opt/Adobe/Reader9/Reader/intellinux/bin/acroread from
making the program stack executable.”

Jalankan perintah ini

chcon -t execmem_exec_t '/opt/Adobe/Reader9/Reader/intellinux/bin/acroread'
Categories: Fedora
  1. NikolaZ
    May 26, 2012 at 10:34 am

    Thanks atas guide y. Saya download Adobe Reader kemarin (Fedora 16 KDE), dan untuk buka PDF biasa semua OK. Tapi kalau mau klik di embedded audio/video files (flash biasa),
    ada error message:

    “A 3D parsing error has occured”.

    Kalau dicoba lagi ada message:

    “Could not open the file (20)”.

    Kira2 bisa buat apa y, supaya embedded files jadi main?

    Thanks,

    Niko

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

