Home > Fedora, JAVA > Install dan Membuat Launcher Eclipse di Fedora 16

Install dan Membuat Launcher Eclipse di Fedora 16

Dulu saya pernah membuat tulisan yang mirip, tapi unutk openSUSE. Sekarang saya sedang mencoba gunakan Fedora 16, distro linux pertama yang saya kenal. Sebenarnya sih mudah saja, setelah kita mendapatkan mentahan eclipse dari situs resminya, tinggal kita extract. Setelah itu kita tinggal jalankan (double click) file eclipse.Sebelumnya pastikan dulu kita sudah menginstal java, fedora 16 secara default sudah terinstal open jdk 6. Tapi di sini saya menggunakan sun jdk 7.

Tentunya cukup rumit jika kita menjalankan eclipse dengan cara seperti itu, buka dulu foldernya baru jalankan file eclipse. Di windows biasanya kita membuat shortcut atau melakukan pin di start menu supaya cepat menjalankan file elipse ini. Untuk linux biasa kita sebut launcher. Nah awalnya saya bingung bagaimana membuat launcher di fedora 16. Karena sepengetahauan saya, launcher dapat dibuat dengan melakukan klik kanan di dekstop. Sedangkan fedora 16 dengan default gnome 3 tidak dapat melakukan klik kanan. Cukup frustasi juga saya menghadapi gnome 3 ini, sedikit tidak leluasa. Ok deh saatnya googling. Tidak lama saya mendapatkan solusinya. Ternyata saya harus menginstal alacarte.

“Alacarte is a graphical menu editor that lets you edit, add, and delete menu entries. It follows the freedesktop.org menu specification and should work with any desktop environment that uses this specification.”

Buka terminal, sebagai root kita jalankan perintah

yum install alacarte


Saat dijalankan melalui terminal saya mendapatkan error.


Wah ribet juga yah mau buat launcher saja harus begini. Kembali saya googling, ternyata penyebabnya adalah tidak compatible antara alacarte dengan gnome 3. Sebenarnya ada cara mengatasinya di sini, tapi untuk saat ini saya lebih memilih yang mudah saja. Setelah saya googling lagi ternyata ada alternatif dari alacarte yaitu lxmed. Setelah saya download, lalu ekstract. Melalui terminal pindah ke dalam folder hasil ekstract dan rubah file install.sh menjadi executable dengan perintah

chmod +x install.sh

lalu jalankan file tersebut dengan perintah

sudo ./install.sh

Setelah instalasi selesai kita dapat menjalankannya dengan perintah

java -jar /opt/lxmed/LXMenuEditor.jar

Untuk membuat launcher baru kita klik New Item. Pada bagian Command kita browse ke file eclipse, sisanya bisa diisi sembarang. Untuk Icon bisa kita pilih bebas, saya memakai icon bawaan eclipsenya.

Setelah klik Ok kita akan melihat launcher kita sudah terbentuk.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

