Home > Fedora > Error Install Bootloader on Fedora 17 Installation (SOLVED)

Error Install Bootloader on Fedora 17 Installation (SOLVED)

Kemarin saya baru saja mencoba install fedora 17. Niatnya sih mau mencoba distro baru. Sempet galau juga menentukan distro mana yang akan saya install. Tetapi pilihan jatuh pada fedora 17, dengan pertimbangan kemudahan instalasi Oracle nantinya (karena ada tutorialnya :D). saat proses instalasi ternyata saya menemui masalah yang cukup membuat pusing, yaitu saya gagal menginstal bootloader. Dapat saran dari beberapa teman supaya saya mengganti media instalasi, ternyata saya tetap menemui hal yang sama (ada 4 file ISO yang sudah saya download). Setelah mencari di google, ternyata banyak pula yang mengalami kejadian seperti saya. Tapi sayangnya saya tidak mendapatkan solusi yang jitu.

Setelah mendapatkan beberapa petunjuk dari internet akhirnya saya berhasil menginstal bootloader dan fedora 17 saya bisa digunakan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan media instalasi, lakukan booting dari sana (saya menggunakan yang versi dvd). Pilih “Rescue installed system”. Ketika masuk mode bash, kita install grub2 dengan perintah:
    grub2-install /dev/sda

    Apabila ada error yang muncul, bisa kita tambahkan opsi –force

    grub2-install –force /dev/sda

  2. Lalu jalankan perintah ini
    grub2-mkconfig -o /boot/grub2/grub.cfg

    Setelah itu reboot sistem.

  3. Saat masuk ke boot screen, saya mendapati screen seperti ini

  4. Jalankan perintah ini untuk melihat partisi
    grub> ls

    akan muncul list seperti di bawah (tergantung partisi yang ada)
    (hd0) (hd0,msdos3) (hd0,msdos2) (hd0,msdos1)

  5. Jalankan perintah ini untuk melihat isi partisi, lakukan untuk semua partisi yang ada. Misalnya ada 6 partisi, maka (hd0,1), (hd0,2),..,(hd0,6). Kita akan mencari partisi yang berisi file vmlinuz dan initramfs
    ls (hd0,1)/
  6. Tentukan partisi root (tempat linux terinstal), dalam hal ini linux terinstal di partisi 3
    grub> set root=(hd0,3)
  7. Misalnya kita mendapatkan file vmlinuz dan initramfs berada di partisi 6, jalankan perintah berikut untuk mendeklarasikan kernel (nama file vmlinuz bisa berbeda)
    grub> linux (hd0,6)/vmlinuz-3.0.0-1.fc16.i686 root=/dev/sda3 rhgb quiet selinux=0
  8. Jalankan perintah berikut untuk mendeklarasikan initrd yang digunakan (nama file initrd bisa berbeda)
    grub> initrd (hd0,6)/initramfs-3.0.0-1.fc16.i686.img
  9. Perintahkan grub untuk melakukan booting
    grub> boot
  10. Untuk boot pertama kali ini waktunya cukup lama, saya lupa apa yang dilakukan sistem. Tapi sepertinya dia semacam mengecek harddisk gitu :p.
  11. Setelah selesai, kita masuk ke dalam fedora 17, buka terminal dan jalankan perintah berikut untuk mengkonfigurasi grub (supaya mengenali win 7, karena saya menggunakan dua OS)
    grub2-install --boot-directory=/boot /dev/sda

Setelah ini grub siap digunakan.

  1. October 16, 2012 at 10:12 am

    cara masuk ke Rescue installed system gmn sist ?

  2. October 16, 2012 at 10:13 am

    cara masuk ke Rescue installed system gmn yah sist ?

  3. November 18, 2012 at 1:13 am

    brarti itu dilakukan sebelum istalasi fedora?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

